Daily report 17




Hello guys back to my Blog, hari ini saya akan share informasi tentang kegiatan saya di kitchen. Kali ini saya dan teman saya membuat " Croissant & Danish ". Kami di bagi menjadi 5 grup di mana saya berada di kelompok 3 bersama intan dan tasya.

  
This is My Group

Nah, kalian sudah liat kan teman kelompok saya, sekarang langsung saja saya akan menjelaskan cara pembuatan Croissant & Danish. sebelum itu saya akan membagikan resep dari keduanya, resep croissant hampir sama dengan danish namun saja danish di tambah kan sedikit fresh milk dan texture adonannya sedikit kalis di bandingkan dengan croissant.






berikut resepnya yaitu :

- 250 gr Flour
- 22 gr Sugar
- 5 gr Salt
- 1/2 pcs Egg
- 10 gr Yeast
- sckp Water
- sckp Fresh milk (For Danish)

- 150 gr Unsalted Butter / Craissant Fat

Berikut cara pembuatannya :

1. pertama pipihkan butter lalu bentuk persegi, masukkan ke plastik dan simpan di freezer.
2. untuk pembuatan adonan, campur semua bahan kecuali air. mix dengan kecepatan medium, masukkan air sedikit demi sedikit. aduk hingga rata. croissant tidak perlu di mix hingga kalis agar texture croissant bisa cruncy saat sesudah di oven.
3. setelah tercampur keluarkan dari mesin, bulat kan adonan dan istirahatkan sebentar.
4. lalu ambil butter dari freezer, pipihkan adonan dan bentuk persegi panjang, kemudian masukkan butter ketengah adonan, dan lipat hingga butter tertutupi.
5. roll dan pipihkan lagi adonan hingga membentuk persegi panjang.

Like this
6. sekarang kita masuk ke tahap pelipatan pertama, kali ini kita memakai lipatan single sebanyak 3 kali pengulangan. pertama kita lipat seperti di bawah ini 


selanjutnya adonan di masukkan ke freezer sebentar hingga dingin.



7. lalu ulangi langkah ke 6 hingga 2 kali atau hingga 3 kali lipatan single.
8. setelah itu, sekarang masuk ke langkah membentuk adonan. sebelumnya pipihkan adonan dan bentuk seperti persegi panjang dengan panjang 22 cm dan potong membentuk segitiga dengan lebar sisi bawah segitiga yaitu 6 cm. dan bentuk seperti di bawah ini


9. kemudian proofing di suhu ruangan selama kurang lebih 30 - 40 menit, lalu olesi dengan egg wash, usahakan egg wash nya jangan terlalu banyak agar kulit dari croissant saat sudah di bake akan timbul remahan.
10. bake croissant dengan suhu 190 derajat celcius hingga matang berwarna kecoklatan.
seperti di bawah ini


11. Oke untuk danish pembutannya sama dengan croissant, bedanya seperti yang saya jelaskan di awal dan juga bentuknya. kali ini saya memberi feeling dengan dry coconut, almond chop, dan olesan pastry cream. seperti di bawah ini





12. setelah itu, gulung adonan hingga membentuk bulat, seperti di bawah ini


potong adonan dengan panjang 2 cm, lalu tata di sitepan, kemudian proofing di suhu ruangan hingga double size.
13. selanjutnya bake dengan suhu seperti croissant tadi yaitu 190 derajat hingga berwarna kecoklatan, seperti di bawah ini



oke, itulah kegiatan saya untuk hari ini. semoga bermanfaat. And see you tomorrow guys...




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kind of Chocolate