daily report 23



Haiii gengs back to my blog, hari ini saya kembali akan menjelaskan apa saja kegiatan saya dan teman - teman di kitchen.

kali ini ada yang membuat pia, bolu kukus, baguette sourdough, membuat ketupat dan membuat sweet bread untuk pesanan snack box hari jumat.

kali ini saya fokus membuat sweet bread karena saya mendapat perintah tugas untuk membuatnya, namun sambil itu saya membantu teman kelompok saya untuk membuat bolu kukus dan baguette.

untuk pesanan sweet bread nya sebanyak 600 pcs, namun hari ini saya hanya membuat 250 pcs jadi sisanya akan saya lanjut besok. saya mengerjakannya bersama team bread lainnya yaitu raiz, jesica, sri, dll

pada post kali ini saya akan menjelaskan sedikit cara pembuatan sweet bread dan bolu kukus serta baguette.

bahan sweet bread :
  • flour
  • yeast
  • salt
  • bread improver
  • sugar
  • milk powder
  • egg yolk
  • butter
  • tbm
  • ice water
cara pembuatannya :

1. campurkan semua bahan kecuali ice water dan butter ke dalam mixing bowl.
2. mix dengan kecepan sedang, masukkan air sedikit demi sedikit hingga adonan saling mengikat, lalu masukka butter.
3. masukkan sedikit demi sedikit lagi air nya hingga tingkat kelembekan yang diinginkan.
4. setelah adonan kalis, keluarkan dan rounding lalu rest hingga double size.
5. keluarkan udara dari adonan, kemudian timbang dengan berat 35 gr. bulatkan dan rest lagi hingga double size.
6. lalu keluarkan udara dari adonan, isi dengan coklat kemudian tutup dan bulatkan lagi.
7. susun di sitepan dan proofing di dalam proofing machine hingga double size again.
8. bake dengan suhu 180-190'C dengan waktu 10-15 menit atau hingga kulitnya kecoklatan.
9. olesi dengan butter pada kulitnya agar terlihat mengkilap.












selanjutnya untuk bolu kukusnya berikut step nya :

  • Sugar
  • Egg
  • Soda water/sprite
  • tbm
  • flour
cara pembutannya :

1. mix sugar, egg, tbm hingga mengembang dan berwarna putih.
2. masukkan soda water, mix hingga rata.
3. masukkan flour sedikit demi sedikit, mix hingga rata.
4. bagi adonan dan beri warna sesuai keinginan.
5. tuang ke dalam cetakan yang sebelumnya sudah di beri kertas cup.
6. kukus bolu hingga mekar.












selanjutnya untuk baguette yaitu :


  • starter sourdough
  • salt
  • flour
  • water
cara pembuatannya yaitu :

1. campur kan semua bahan hingga rata, lalu diamkan 1 jam.
2. uleni hingga permukaan nya halus.
3. diamkan di bowl yang sudah diolesi sedikit minyak dan diamkan 2-4 jam.
4. bagi menjadi 2 adonan lalu bentuk persegi, lalu diamkan lagi 20-45 menit.
5. bentuk buat panjang masukkan ke dalam tray, diamkan lagi 1-2 jam dan toreh adonan.
6. oven dengan suhu sekitar 200 derajat celcius hingga matang berwarna coklat.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kind of Chocolate